Sunday, April 13, 2014

Susahnya INFJ itu....


Assalamualaikum dan selamat pagi semua :)

Bingung ya lihat judul diatas? tenang, saya harus bertanggung jawab untuk membuat kebingungan tersebut menjadi sebuah O besar :D *maksudnya membuat anda mengerti apa yang saya tulis lalu anda berkata "Ooooo..."

Silahkan klik www.16personalities.com dan ambil test singkat untuk tahu tipe personality anda.

Setelah saya ambil test, saya mendapatkan hasil : INFJ (Introverted, iNtuitive, Feeling, Judging). Lalu saya telusuri keseluruhan detail INFJ ini and... "Gilak, gw banget!" Kira-kira 90% apa yang mereka tulis mengenai INFJ personality ini mirip sekali dengan pribadi saya.

Menariknya, tipe INFJ ini hanya ada 1-3% pada populasi manusia alias langka :O Mungkin benar karena saya sendiri banyak mendapat komentar dari kawans bahwa saya : "misterius", "susah ditebak", "irrational", "ekspresi datar", "terlalu cool untuk jadi cewek".

Sebenarnya ya saya sendiri merasa biasa aja.. hanya saja.. saya mengambil setiap keputusan itu berdasarkan intuisi dan instinct. Hayo apa bedanya intuisi dan instinct? Intuisi itu hasil sebuah pemikiran yang juga melibatkan perasaan (mental process), tapi kalau instinct itu bersifat naluri alami. Bingung yak? hehe gini, saya kasih contoh simple intinct : setiap ibu punya naluri alami untuk menyayangi dan melindungi anak-anaknya. Perasaan itu timbul tanpa disuruh.

Ada contoh kejadian2x yang membuat kawan2x saya berkata saya misterius, susah ditebak, dll.

1. Waktu itu kita naik kapal nelayan dan gelombang besar, hujan + mesin mati + tali kendali ke mesin putus + stuck di tengah laut berjam2x + orang-orang sekitar saya sudah mulai muntah2x, pakai minyak angin, ada yang nangis juga. Guide kami pun wajahnya sudah pucat :D Tapi apa yang kawan2x lihat dari saya? Wajah saya tetap cool seperti tidak ada apa2x malah saya sempat buka2x internet dan facebook. Tidak nampak wajah takut apalagi sampai menangis :) Dan sampai sekarang kejadian ini sering kita bicarakan kalau kita ketemu, "masa ya, ada lho orang yang sempet2x nya main hp padahal orang2x udah panik mau mati" :))

Padahal tau gak apa yang saya lakukan dengan hp saya?
- Saya sms ibu saya, keadaan sedang kritis dan saya minta doa beliau. Saya percaya doa seorang ibu itu makbul alias tokcer manjur.
- Saya membaca hal2x yang menenangkan pikiran saya sambil saya mengamati keadaan sekitar kira2x barang2x apa yang bisa mengapung jika nanti kapal ini benar2x karam. Karena saya paham, saat kita panik biasanya kita jadi gak kreatif. Jadi saya coba menenangkan diri dan berdoa. Mungkin dengan ketenangan tersebut bisa lahir pikiran2x jenius seperti di scene2x film MacGyver :))

2.  Saya pernah berdiri selama 2 jam di dalam bus sambil memegang pegangan besi yang bautnya lepas di dalam bus. Bisa aja saya bersikap bodo amat dan tidak saya pegang, tapi nanti saat penumpang lain tidak sengaja berpegangan pada besi itu dan tidak tau kalau pegangan besi itu bautnya lepas, bagian ujung yang tajam dari besi itu bisa melukai penumpang yang sedang tidur tepat disamping pegangan besi tersebut.

3. Suatu hari saya travelling bersama kawan yang tipe logika banget. Saya membayar ojek dengan harga 2 kali lipat. Teman saya seperti marah dan mengira saya dibodohi tukang ojek. "Kenapa kamu kasih dia uang banyak?" Saya bilang,"Tadi waktu aku naik, aku ngerasa ada yang gak beres sama bannya. Ternyata benar bocor. Jadi aku kasih dia uang lebih untuk biaya dia perbaiki bannya." Terus teman saya itu diam.. bingung :))

4. Masih bersama kawan yang tipe logika banget. Kami menunggu angkot hendak pulang ke penginapan. Sudah menunggu 1 jam, angkot tidak ada yang lewat. Setelah saya bertanya ke penduduk setempat, ternyata waktu itu sudah melewati jam lintas angkot2x tersebut. Berhubung saya sudah capek berat, ya sudah kami pun duduk menunggu sambil mengumpulkan tenaga jika benar2x tidak ada angkot terpaksa jalan kaki. Tiba2x datang angkot dari arah berlawanan dan menawarkan untuk diantar. Saat tiba di penginapan, abang angkot itu minta harga 3 kali lipat. Wuaaaah, kawan saya ini naik pitam. Matanya melotot dan berkata kasar ke arah supir. Saya bilang ke kawan saya itu, "Saya yang bayar" dengan wajah tenang. Saya bayar 2x kali lipat. Kawan saya itu malah langsung marah ke saya :))) Lagi-lagi dia mengira saya dibodohi orang. Padahal tau gak kenapa saya beri uang 2x lipat?

-Abang itu sudah berbaik hati mau mengantarkan kami padahal angkot dia itu jurusannya berbeda dengan tujuan kami dan jam lintas angkot sudah habis.
- Penumpang saat itu hanya saya dan kawan saya.

Wajar dia minta harga 3x lipat mungkin karena dia tau kami pendatang + hanya saya dan kawan saya penumpang saat itu + jam lintas angkot sudah habis. Tapi saya hanya bayar 2x lipat karena saya berterima kasih sekali dengan kebaikan abang angkot itu dan saya pikir itu harga yang memang sesuai dengan jarak dll.

Masih banyak kejadian lainnya, tapi saya rasa kejadian2x tersebut cukup untuk menggambarkan bagaimana saya membuat keputusan atas sesuatu. So.. sejauh ini bagaimana pandangan kalian terhadap orang dengan tipe personality INFJ? :D Mungkin ada pengalaman dengan orang tipe INFJ juga? boleh sharing :D


Refrensi untuk mengenal lebih dekat tipe INFJ :

http://www.humanmetrics.com/personality/infj

http://www.16personalities.com/INFJ-personality

http://personalityjunkie.com/the-infj/

4 comments:

  1. Wah, aku juga INFJ nih. Dan aku benar-benar bisa memahami cara berpikir author dimana banyak orang lain yang menganggap kita ini alien sangking anehnya. haha...

    ReplyDelete
  2. Nice share kak 👍 Saya juga INFJ 😊

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete